Friday, February 19, 2010

Ilmu Marketing 2

Konsep ini diambil dari tulisannya pakar marketing Indonesia dan pendiri Markplus Indonesia Hermawan Kartajaya, di harian Jawa Pos, banyak sekali konsep marketing yang sudah ditulis di buku maupun koran-koran harian. Diantaranya yang penulis bahas untuk kali ini, adalah konsep marketing dari seorang doktor dan konsultan McKinsy yaitu Kenichi Ohmae yang disadur oleh Hermawan Kartajaya.
Pertama Company Based Strategy, membuat strategi berdasarkan kekuatan, jangan kelemahan. Jangan memaksakan diri "masuk" ke suatu area yang Anda sebenarnya tidak punya "kompetensi". Kelihatan sederhana. Tapi sangat benar adanya, orang banyak "silau" akan suksesnya orang lain disuatu bidang dan ikut-ikutan. Akhirnya gagal..!!! Ingat lho peluang tidak pasti pas untuk semua orang. Jangan ikut-ikutan, contoh gampang: apabila Anda tidak ahli dalam politik, jangan masuk ke area politik. Kalau Anda tidak punya "think face", "black heart" , kenapa???. Anda akan dihabisi disitu tanpa bisa berbuat apa-apa.
Kedua Customer Based Strategy, buatlah strategi berdasarkan pada "need" & "want customer" . Kelihatan sederhana. Jangan menawarkan produk atau jasa yang tidak dibutuhkan atau dimaui pelanggan. Banyak orang kepingin unik, jadi terlalu unik, padahal keunikan itu tidak dibutuhkan pelanggan.
Ketiga Competitor Based Strategy, membuat strategi berdasarkan strategi kompetitor. Pesaing mempunyai sesuatu, Anda mempunyai pilihan : mengikuti atau melebihi.
Dari ketiga strategi tersebut dapat disimpulkan bahwa, strategi berdasarkan kekuatan sendiri untuk melayani kemauan pelanggan dengan memperhatikan "strategi lawan". Sederhana tapi powerfull, dengan strategi 3 C = Company, Customer, Competitor.
Dengan semakin berkembang teknologi dan informasi, semakin banyak manusia Indonesia yang sudah melek teknologi. Teknologi Informasi sudah sampai ke pedesaan, jadi tidak hanya orang kota saja yang tahu teknologi, orang desapun sudah melek akan teknologi. Dunia informasi yang tiada batas, dengan adanya internet, maka segala macam informasi mudah didapat dari dunia internet. Ibarat kata internet merupakan dunia tanpa batas negara. Korelasi dengan semakin canggih dan modernnya teknologi dan informasi saat ini, persaingan bisnis sudah tidak lokal lagi, namun sudah global atau mendunia. Oleh Hermawan Kartajaya konsep 3 C dari Kenichi Ohmae ditambahi dengan C yang ke empat, yaitu Change = perubahan
Terdapat 3 kategori manusia dalam menghadapi era globalisasi saat ini, yaitu:
1. Manusia tidak tahu ada perubahan, karena tidak melakukan apa-apa.
2. Manusia tahu perubahan, tapi bingung mau melakukan sebelum terlambat.
3. Manusia yang ikut mendorong perubahan itu sendiri.

No comments: